Terima Kasih YOLO & Meeber

Tonggak sejarah itu dimulai ketika 2011 atau semester 5. Waktu dimana seorang mahasiswa mulai sedikit menguasai skill-skill manajemen dan inti dari perkuliahan, maka dari itu beberapa mahasiswa mulai memberanikan diri untuk mulai mengambil proyek-proyek software. Alhamdulillah dengan status kampus sebagai salah satu pool of top talent, tidak sedikit instansi pemerintah maupun swasta yang meminta bantuan untuk dibuatkan sebuah sistem perangkat lunak.

Ada satu kejadian yang menjadi pemicu lahirnya YOLO, yaitu ketika mendapatkan proyek di salah satu cabang dari Kementrian Perhubungan, dengan nilai kontrak diatas 100 juta, tapi saya dan partner (saat ini menjadi Senior Engineer di Platform Wedding No.1 di Indonesia) hanya mendpatkan kurang dari 10% karena kita hanya sebagai sub-kontraktor atau pihak kedua.

Maka dari itu semangat membara untuk berdiri menjadi garda terdepan ketika ada proyek langsung meluap, tak ayal saya mengajak teman-teman untuk membuat perusahaan untuk itu.
Setelah beberapa kali pitching ke teman-teman, akhirnya terpilihlah 4 (empat) orang yang paling pas dan bersama-sama melahirkan YOLO.

Perjuangan dimulai, 4 (empat) kali berpindah kantor, sempat 3 (tiga) bulan tidak ada income sama sekali, tapi lambat laun usaha itu satu per satu terbayarkan.

Salah satu prestasi terbesar YOLO adalah SWAT, yang mendapatkan gelar top 100 sinovik dari kemenpan RB dan kemendagri. Dan di adopsi berbagai kota di penjuru tanah air.

Dan sampai detik ini pun saya masih melihat karya bersejarah itu masih terus berjalan, walaupun sekarang official hak ciptanya telah diambil alih oleh Pemerintah Kota Surabaya.

That’s a good achievement and empowerment.

Dan untuk Meeber, sungguh benar-benar lebih tidak ada lagi kata-kata yang pas untuk mengutarakan, pengalaman terbesar dalam hidup, memanage hampir 20 top excellence employees, 10 digit rupiah, dan ratusan lovely customer. What a big lesson learned!.
Thank you, thank you and thank you. especially for the founders (you are really rock guys!) and investors who really believe on me, for the early team (semoga terus melakukan kaizen setiap saat).

Rasanya memang sangat-sangat aneh ketika harus merelakan kepergian perusahaan yang kita pupuk dari kecil. Namun demi masa depan yang lebih baik, mau tak mau harus mengikhlaskan.

Semoga dengan “orang tua” yang baru kalian bisa menjadi perusahaan yang terus dan terus menjaga semangat dan visi besar “empowering others”.

Thank you YOLO,
Thank you Meeber,
You all always become one of the greatest memory of my life.

Barakallahu fiikum & see you on top!

1
Leave a Reply

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
0 Comment authors
Growth Cycle, Salah Satu Kunci Kesuksesan — Yusuf Kurniawan Recent comment authors

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
trackback

[…] 2 (dua) bulan keluar dari rutinitas selama 4 (empat) tahun adalah pengalaman luar biasa, saya mendapati beberapa insight yang cukup menarik, terutama dalam […]