elitethrive.com

Growth Cycle, Salah Satu Kunci Kesuksesan

Banyak sekali di buku, internet, dan sumber-sumber lain yang menyebutkan cara dan formula kesuksesan, dan saya mencoba meringkasnya menjadi 1 (satu) cycle yang bernama Growth Cycle.

Sekitar 2 (dua) bulan keluar dari rutinitas selama 4 (empat) tahun adalah pengalaman luar biasa, saya mendapati beberapa insight yang cukup menarik, terutama dalam self-improvement. Beberapa saat ini saya makin sering menonton video-video self-improvement di YouTube (antara lain channel Dan Lok, Video Advice, London Real) dan dengan hidayah Allah saya mendapatkan kesimpulan yang ringkas mengenai growth cycle dari self-improvement. Dan saya anggap cycle ini adalah salah satu kunci kesuksesan seseorang. Dan semua orang bisa melakukannya tanpa terkecuali.

  1. Desire – Rasa lapar pengetahuan
  2. Content – Baca buku / tonton video / ikut training (paksakan)
  3. Practice – Do it!
  4. Otomatis kembali ke poin 1

Karena kebanyakan orang sudah tahu segalanya, namun tidak diamalkan / dipraktekkan. Malah jadi sombong (merasa tahu segalanya). Sebab hakikatnya, orang yang banyak tahu & mempraktekkannya maka otomatis dia akan semakin tunduk (tawadhu) dan semakin rakus akan ilmu.

Tips dari saya, pada saat step 2, ambil 1 poin penting atau intisari apa yang anda baca atau tonton, yes only 1. Quality over quantity.
Kemudian berazamlah pada Allah untuk bisa istiqomah mengamalkan / mempraktekkannya.

Contoh :

Anda sedang sengaja (Deliberate Learning) membaca buku atau artikel dan menemukan saran / perintah (sunnah) untuk mengucapkan salam ke setiap orang yang anda jumpai, baik itu orang dikenal maupun yang tak dikenal (muslim atau anda tidak tahu muslim / tidak). Sedetik setelah membaca, tekadkan diri anda untuk mempraktekkannya setelah itu.

Rasakan dan alami “feel challenge” nya. Ya pada awalnya pasti sangat-sangat tidak nyaman (that’s growth) dan ada rasa “ndak usah deh, next person aja“, “ndak usah deh, karena xxx“, dan ribuan alasan lainnya.
Rasa itu pasti keluar, entah dari bisikan setan, monkey procrastination ataupun tabiat manusia yang lebih nyaman dengan current state.

Do it now, and the rest is history.

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of