Systematic Literature Review pada Skripsi atau Tesis

Alhamdulillah, dikarenakan pandemi Covid 19 pada tahun 2020 kemarin. Akhirnya “memaksa” saya untuk mencari metode penelitian yang cocok dan tidak membutuhkan data primer.

Pada awalnya sempat ingin kembali meneliti dengan menggunakan pendekatan kuantitaif, seperi salah satu paper yang pernah saya kerjakan. Tapi memang dari awal masuk S2 ingin meneliti dengan pendekatan kualitatif.

Pilihan utama yang saya ambil akhirnya yaitu Literature Review (tradisional). Ketika berselancar mencari jurnal-jurnal tentang Literature Review (untuk dijadikan bahan argumentasi), ada sesuatu yang menarik perhatian saya, yaitu Systematic Literature Review (SLR).

Akhirnya malah mencari seluk beluk tentang SLR 😁

Semakin di dalami, semakin membuat penasaran.

Apalagi ketika mempelajari tentang bagian dari SLR yaitu bibliography yang mengharuskan execute sebuah aplikasi berbasis R programming (mimpi apa saya harus ngoding lagi 🤣).

Tak lama berselang, saya berkonsultasi dengan dosen pembimbing tesis. Alhamdulillah beliau pun men-support total terkait pilihan yang saya ambil (pakai SLR). dan beliau berujar, di fakultas saya belum ada yang pakai sama sekali metode tersebut.

Alhamdulillah setelah pengerjaan selama kurang lebih 3 bulan.

I’ve got an A or perfect score for the thesis.

Oiya judul tesis saya :

 

Bagi kalian yang ingin memperoleh full tesis saya sebagai referensi, atau ingin tanya-tanya / konsultasi tentang metode sistematic literature review, feel free to contact me.

 

4.3 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x